KURIKULUM MERDEKA

 MODUL PEMBELAJARAN

contoh modul pembelajaran untuk pembelajaran MIN

BAGIAN I

INFORMASI UMUM

 

Nama Penyusun/Institusi/

Tahun

.......................................

.......................................

2022

Jenjang Sekolah

SD/MIN

Fase/Kelas

A/I

Mata Pelajaran

Aqidah Akhlak

Domain/Topik

Dua Kalimat Syahadat

Kata Kunci

Mengenal, melafalakan, Dua Kalimat Syahadat

Alokasi waktu (menit)

525  Menit

Jumlah Pertemuan (JP)

15 kali pertemuan

Moda Pembelajaran

      Tatap Muka (TM)

Metode Pembelajaran

      Discovery Learning

      Cooperative Learning

Sarana Prasarana

·         Ruang kelas

·         Meja dan kursi siswa yang ditata berkelompok

Jumlah siswa

30-40

Profil peserta didik Pancasila yang berkaitan

      Kreatif : Menghasilkan gagasan yang orisinal, menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan atau perasaannya.

      Gotong-royong : Menyimak informasi sederhana dari orang lain

      Mandiri : Mengidentifikasi beberapa strategi dan cara belajar dengan bimbingan dari orang dewasa dan berani menunjukkan hasil kreativitas.

      Bernalar Kritis : Menerjemahkan berbagai simbol berdasarkan informasi yang didapat.

Target Siswa

      Regular/tipikal

      Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa

Karakteristik Siswa

Modul ini dapat digunakan oleh semua karakteristik siswa

Referensi

      Al-Quranul Karim

      Buku Guru dan siswa  Aqidah Akhlak  Kelas 1

      Buku Aqidah Akhlak Buku Penunjang Lainnya Yang Relevan

BAGIAN II

KOMPONEN INTI

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengamati, menanya, mencoba/menggali informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa mampu :

·         Mengenal Allah Swt. melalui dua kalimah syahadat

·         Melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya

Capaian Pembelajaran

·         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

·         Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru

·         Mamahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhal mulia

Pemahaman Bermakna

·         Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa akan memahami pembelajar yang telah disampaikan oleh guru.

Pertanyaan Pemantik

·         Bagaimanakah siswa dapat memahami dua kalimah syahadat

·         Bagaimanakah siswa dapat memahami dua kalimah syahadat dalam kehidupan sehari-hari

 

RENCANA ASESMEN

 

Ø  Asesmen formatif (kelompok)

Asesmen formatif digunakan ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Asesmen formatif yang dirancang untuk dilaksanakan secara berkelompok.

Ø  Asesmen sumatif (individu)

Asesmen sumatif digunakan ketika di akhir pembelajaran. Asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sudah diajarkan. Asesmen sumatif dirancang untuk dilaksanakan secara individu.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN


PERSIAPAN PEMBELAJARAN

Langkah-langkah yang perlu dilakukan guru sebelum melaksanakan pembelajaran:

1.      Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran

2.      Menyiapkan materi pembelajaran

3.      Menyiapkan lembar kerja siswa (LKPD)

4.      Mengelola kelas disesuaikan dengan alur pembelajaran

Perkiraan waktu persiapan pembelajaran:

Ø  2 Jam / 70 menit

 

MATERI AJAR, ALAT DAN BAHAN

Materi

Alat dan bahan yang diperlukan:

Ø  Foto Kopi LKS dan Soal Evaluasi @Rp. 300 x 35 Siswa x 2 = Rp. 21.800

ALUR KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

1.      Guru menyapa dan mengucapkan salam kepada siswa.

2.      Siswa bersama guru berdoa sebelum pembelajaran.

3.      Guru menanyakan kehadiran siswa.

4.      Siswa melakukan kegiatan pembisaaan seperti membaca 15 menit.

5.      Siswa menerima informasi terkait materi pembelajaran yang akan dipelajari.

6.      Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Guru dapat menanyakan materi prasyarat kepada siswa materi yang akan disampaikan.

7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

Pemberian rangsangan (stimulation)

1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 2-5 siswa bisa juga bekelompok dengan teman sebangkunya..

2.      Guru memberikan pertanyaan sebagai rangsangan.

3.      Siswa mengamati media yang sudah disediakan oleh guru.

Identifikasi masalah (problem statement)

4.      Siswa berdiskusi tentang hasil pengamatan media yang diberikan oleh guru.

5.      Siswa mengamati media pembelajaran.

Pengumpulan data (data collection)

6.      Siswa dengan difasilitasi oleh guru memahami materi.

7.      Siswa dengan difasilitasi oleh guru memahami materi.

8.      Siswa dengan difasilitasi oleh guru memahami materi.

Pengolahan data (data prossesing)

9.      Siswa bersama kelompoknya mengerjakan LKPD yang telah dibagikan oleh guru.

10.  Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dan menanyakan kepada guru apabila ada hal-hal yang sulit untuk dipahami.

Pembuktian (verification)

11.  Siswa mempresentasikan hasil kerjanya.

12.  Siswa dari kelompok lainnya memberikan tanggapan.

Menarik kesimpulan (generalitation)

13.  Siswa bersama guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan pembelajaran.

14.  Guru memberikan tugas mandiri/individu kepada siswa terkait materi pembelajaran yang sudah dipelajari.

15.  Guru memberikan materi pengayaan terkait materi.

Kegiatan Penutup

1.      Siswa melakukan refleksi terhadap proses kegiatan pembelajaran hari ini dengan arahan guru.

2.      Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang telah dipelajari.

3.      Siswa mendapatkan umpan balik dari guru terkait pertanyaan yang sudah diajukan oleh siswa.

4.      Siswa mendapatkan informasi tentang rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Siswa menyanyikan lagu wajib nasional atau lagu daerah.

6.      Siswa dipersilahkan berdoa dan mensyukuri atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

7.      Guru mengucapkan salam penutup.

 

REFLEKSI GURU

 

5.      Apakah kegiatan pendahuluan seperti apersepsi, memberikan motivasi, penyampaian tujuan pembelajaran dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran?

6.      Apakah penyampaian materi pembelajaran mudah dipahami oleh peserta didik?

7.      Apakah penerapan model pembelajaran sudah terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran?

8.      Bagaimana pemanfaatan media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran?

9.      Bagaimanakah keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran?

10.  Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas saat proses pembelajaran berlangsung?

11.  Apakah kegiatan penarikan kesimpulan dan penguatan materi pembelajaran sudah memberikan pemahaman secara utuh kepada seluruh peserta didik?

12.  Bagaimanakah pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran?

 

REFLEKSI PESERTA DIDIK

 

1.      Apa pengalaman/materi baru yang kamu peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran?

2.      Sikap positif apakah yang kamu peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran?

3.      Hal-hal apa yang belum kamu kuasai setelah mengikuti proses pembelajaran?

4.      Apa strategi/langkah yang akan kamu lakukan terhadap materi yang belum kamu kuasai?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGIAN III

LAMPIRAN


Lampiran 2:  Lembar Kerja Siswa

LEMBAR KERJA SISWA (LKPD)

KELOMPOK

 

NAMA

 

 

Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Alat dan Bahan

Tujuan Pembelajaran

Ø  Siswa mampu Mengenal Allah Swt. melalui dua kalimah syahadat

Materi Pokok

Dua Kalimah Syahadat

Alat dan Bahan

Foto Kopi LKS

Soal Evaluasi

 

Alur Kegiatan

Petunjuk

1.      Berdoalah sebelum mengerjakan

2.      Persiapkan alat dan bahan

3.      Diskusikan dengan teman sekelompok atau teman sebangku berdasarkan langkah kerja

4.      Bertanyalah kepada guru apabila mengalami kesulitan dalam mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKPD)

5.      Selamat mengerjakan!

Langkah kerja


Lampiran 3: Pangayaan dan Remedial

PENGAYAAN

Peserta didik dengan kecepatan belajar dan kemampuan belajar yang baik bisa ditambahkan materi yang lebih dalam dan luas tetang dua kalimat shahadat.

REMEDIAL

1.        Diberikan pada peserta didik yang kemampuan belajar yang membutuhkan pendampingan tambahan dengan bantuan video pembelajaran yang menarik tentang dua kalimat syahadat.

2.       Peserta didik dapat mengulang dan menjelaskan kembali apa isi video yang telah di tontonnya tadi

  

RUBRIK PENILAIAN

A.    Penilaian Sikap

Rubrik ini bisa digunakan di pertemuan pertama, kedua dan ketiga

1.      Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No

Tanggal

Nama Peserta

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

2.      Format Pengamatan Sikap melalui Penilaian Diri

PENILAIAN DIRI

Nama ... :  .......................................................................................................

Kelas ... :  .......................................................................................................

 

Berilah tanda centang ( ) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran.

 

 

2

Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok.

 

 

 

3

Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan dalam kelompok.

 

 

 

4

Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literature atau pencarian informasi.

 

 

5

Saya percaya diri dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok.

 

 

6

Saya teliti dalam melakukan analisis permasalahan yang dikerjakan dalam kelompok.

 

 

 

3.      Format Pengamatan Sikap melalui Penilaian Antar Teman

PENILAIAN ANTAR TEMAN

Nama yang diamati ...... :  ............................................................................

Nama pengamat ........... :  ............................................................................

Berilah tanda centang ( ) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

 

2

Mau menerima pendapat teman.

 

 

3

Memberikan pendapat dengan lancar.

 

 

4

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

 

 

5

Percaya diri saat mempresentasikan hasil kerja kelompok.

 

 

6

Membaca permasalahan dengan cermat.

 

 

 

4.      Format Pengamatan Sikap melalui Lembar Observasi

 

Lembar Observasi Aspek Sikap

NO

NAMA SISWA

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Mandiri

Berfikir Kritis

Kreatif

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

ds

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ya                                    : Skor 1, jika sub indikator terlihat konsisten selama 1 hari

Tidak                               : Skor 0, jika sub indikator tidak terlihat sama sekali

 

Petunjuk penskoran

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

 B.     Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan terlampir dalam LKPD dan Lembar Asesmen di masing-masing pertemuan. Hasil akhir penilaian pengetahuan bisa dimaksukkan di dalam daftar rekap nilai berikut ini:

 

1.                  NO

NAMA SISWA

2.                  ASESMEN FORMATIF

3.                  ASESMEN SUMATIF

4.                  RATA-RATA

5.                   

6.                   

7.                   

8.                   

9.                   

10.               

11.               

12.               

13.               

14.               

15.               

16.               

17.               

18.               

19.               

20.               

21.               

22.               

23.               

24.               

25.               

26.               

27.               

28.               

29.               

 

C.    Penilaian Keterampilan

        Rubrik Penilaian Keterampilan

Kriteria

 

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

 

Cukup

(2)

 

Perlu

Pendampingan

(1)

 

 

 

 

 

  Nilai Akhir =  x 100

GLOSARIUM

 

30.              Ceramah

31.              :

32.              Kegiatan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan bisaanya dilakukan untuk seluruh siswa dalam satu kelas

33.              Cooperative Learning

34.              :

35.              Suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang mempunyai kemampuan berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran

36.              Discovery Learning

37.              :

38.              Proses pembelajaran yang terjadi ketika siswa tidak disajikan informasi secara langsung tetapi siswa dituntut untuk mengorganisasikan pemahaman mengenai informasi tersebut secara mandiri.

39.              Diskusi

40.              :

41.              Kegiatan yang bertujuan untuk bertukar ide, mengambil keputusan dan/atau menjawab sebuah pertanyaan. Dilakukan dengan membicarakan suatu topik secara kolaboratif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Direktorat Sekolah Dasar, 2022, Buku Saku Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka  Kekhasan Sekolah Dasar, Jakarta: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP

 

Kementrian Agama Republik Indonesia, 2020, Akidah Akhlak Kelas 1, Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.  Panduan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah  SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

 

 

 

 

 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment