MODUL PEMBELAJARAN
contoh modul pembelajaran untuk pembelajaran MIN
BAGIAN I
INFORMASI UMUM
Nama Penyusun/Institusi/ Tahun |
....................................... ....................................... 2022 |
Jenjang Sekolah |
SD/MIN |
Fase/Kelas |
A/I |
Mata Pelajaran |
Aqidah Akhlak |
Domain/Topik |
Dua Kalimat Syahadat |
Kata Kunci |
Mengenal, melafalakan, Dua Kalimat Syahadat |
Alokasi waktu (menit) |
525 Menit |
Jumlah Pertemuan (JP) |
15 kali pertemuan |
Moda Pembelajaran |
• Tatap Muka (TM) |
Metode Pembelajaran |
• Discovery Learning • Cooperative
Learning |
Sarana Prasarana |
·
Ruang kelas ·
Meja dan kursi siswa yang
ditata berkelompok |
Jumlah siswa |
30-40 |
Profil peserta didik Pancasila yang
berkaitan |
•
Kreatif :
Menghasilkan gagasan yang orisinal, menggabungkan beberapa gagasan menjadi
ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan
atau perasaannya. •
Gotong-royong
: Menyimak informasi sederhana dari orang
lain •
Mandiri :
Mengidentifikasi beberapa strategi dan cara belajar dengan bimbingan dari
orang dewasa dan berani menunjukkan hasil kreativitas. •
Bernalar
Kritis : Menerjemahkan berbagai simbol berdasarkan informasi yang didapat. |
Target Siswa |
• Regular/tipikal • Cerdas Istimewa
Berbakat Istimewa |
Karakteristik Siswa |
Modul ini dapat digunakan oleh semua karakteristik
siswa |
Referensi |
•
Al-Quranul
Karim •
Buku Guru
dan siswa Aqidah Akhlak Kelas 1 •
Buku Aqidah
Akhlak Buku Penunjang Lainnya Yang Relevan |
BAGIAN II
KOMPONEN INTI
Tujuan
Pembelajaran |
Setelah mengamati, menanya, mencoba/menggali
informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa mampu : ·
Mengenal Allah Swt. melalui dua kalimah syahadat ·
Melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya |
|
Capaian
Pembelajaran |
·
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. ·
Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru ·
Mamahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah ·
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhal mulia |
|
Pemahaman Bermakna |
·
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa akan memahami pembelajar yang
telah disampaikan oleh guru. |
|
Pertanyaan Pemantik |
·
Bagaimanakah siswa dapat memahami dua kalimah syahadat ·
Bagaimanakah siswa dapat memahami dua kalimah syahadat dalam kehidupan
sehari-hari |
|
RENCANA
ASESMEN
Ø
Asesmen formatif (kelompok)
Asesmen formatif digunakan ketika
pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Asesmen formatif yang dirancang untuk
dilaksanakan secara berkelompok.
Ø
Asesmen sumatif (individu)
Asesmen sumatif digunakan ketika di akhir pembelajaran. Asesmen
sumatif digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sudah
diajarkan. Asesmen sumatif dirancang untuk dilaksanakan secara individu.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Langkah-langkah yang perlu dilakukan guru sebelum
melaksanakan pembelajaran: 1.
Menyiapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran 2.
Menyiapkan
materi pembelajaran 3.
Menyiapkan
lembar kerja siswa (LKPD) 4.
Mengelola
kelas disesuaikan dengan alur pembelajaran |
Perkiraan waktu persiapan pembelajaran: Ø 2 Jam / 70 menit |
|
Materi |
Alat dan bahan yang diperlukan: Ø Foto Kopi LKS dan Soal Evaluasi @Rp. 300 x 35
Siswa x 2 = Rp. 21.800 |
ALUR
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Guru
menyapa dan mengucapkan salam kepada siswa. 2.
Siswa
bersama guru berdoa sebelum pembelajaran. 3.
Guru
menanyakan kehadiran siswa. 4.
Siswa
melakukan kegiatan pembisaaan seperti membaca 15 menit. 5.
Siswa
menerima informasi terkait materi pembelajaran yang akan dipelajari. 6.
Guru
mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Guru dapat
menanyakan materi prasyarat kepada siswa materi yang akan disampaikan. 7.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. |
Kegiatan Inti |
Pemberian rangsangan (stimulation) 1. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 2-5
siswa bisa juga bekelompok dengan teman sebangkunya.. 2. Guru
memberikan pertanyaan sebagai rangsangan. 3.
Siswa
mengamati media yang sudah disediakan oleh guru. Identifikasi masalah (problem statement) 4. Siswa
berdiskusi tentang hasil pengamatan media yang diberikan oleh guru. 5. Siswa
mengamati media pembelajaran. Pengumpulan data (data collection) 6. Siswa
dengan difasilitasi oleh guru memahami materi. 7. Siswa
dengan difasilitasi oleh guru memahami materi. 8. Siswa
dengan difasilitasi oleh guru memahami materi. Pengolahan data (data prossesing) 9. Siswa
bersama kelompoknya mengerjakan LKPD yang telah dibagikan oleh guru. 10. Siswa
mendiskusikan hasil pekerjaannya dan menanyakan kepada guru apabila ada
hal-hal yang sulit untuk dipahami. Pembuktian (verification) 11. Siswa
mempresentasikan hasil kerjanya. 12. Siswa
dari kelompok lainnya memberikan tanggapan. Menarik kesimpulan (generalitation) 13. Siswa bersama guru menarik kesimpulan dari hasil
kegiatan pembelajaran. 14. Guru memberikan tugas mandiri/individu kepada
siswa terkait materi pembelajaran yang sudah dipelajari. 15. Guru memberikan materi pengayaan terkait materi. |
Kegiatan Penutup |
1.
Siswa
melakukan refleksi terhadap proses kegiatan pembelajaran hari ini dengan
arahan guru. 2.
Siswa
mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang telah dipelajari. 3.
Siswa
mendapatkan umpan balik dari guru terkait pertanyaan yang sudah diajukan oleh
siswa. 4.
Siswa
mendapatkan informasi tentang rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 5.
Siswa
menyanyikan lagu wajib nasional atau lagu daerah. 6.
Siswa
dipersilahkan berdoa dan mensyukuri atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan
Yang Maha Esa. 7.
Guru
mengucapkan salam penutup. |
REFLEKSI
GURU 5. Apakah
kegiatan pendahuluan seperti apersepsi, memberikan motivasi, penyampaian
tujuan pembelajaran dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam
mengikuti proses pembelajaran? 6. Apakah
penyampaian materi pembelajaran mudah dipahami oleh peserta didik? 7. Apakah
penerapan model pembelajaran sudah terlaksana sesuai dengan rencana
pembelajaran? 8. Bagaimana
pemanfaatan media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran? 9. Bagaimanakah
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran? 10. Bagaimanakah
tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas saat proses pembelajaran
berlangsung? 11. Apakah
kegiatan penarikan kesimpulan dan penguatan materi pembelajaran sudah
memberikan pemahaman secara utuh kepada seluruh peserta didik? 12. Bagaimanakah
pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses
pembelajaran? REFLEKSI
PESERTA DIDIK 1. Apa
pengalaman/materi baru yang kamu peroleh setelah mengikuti proses
pembelajaran? 2. Sikap
positif apakah yang kamu peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran? 3. Hal-hal
apa yang belum kamu kuasai setelah mengikuti proses pembelajaran? 4. Apa
strategi/langkah yang akan kamu lakukan terhadap materi yang belum kamu
kuasai?
BAGIAN III
LAMPIRAN
Lampiran 2: Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA SISWA (LKPD)
KELOMPOK
|
|
Tujuan Pembelajaran, Materi
Pokok, Alat dan Bahan |
Tujuan Pembelajaran |
Ø Siswa mampu Mengenal Allah Swt. melalui dua
kalimah syahadat |
Materi Pokok |
Dua Kalimah Syahadat |
Alat dan Bahan |
Foto Kopi LKS Soal Evaluasi |
Alur Kegiatan |
Petunjuk |
1. Berdoalah sebelum mengerjakan 2. Persiapkan alat dan bahan 3. Diskusikan dengan teman sekelompok atau teman
sebangku berdasarkan langkah kerja 4. Bertanyalah kepada guru apabila mengalami
kesulitan dalam mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKPD) 5. Selamat mengerjakan! |
Langkah
kerja |
|
Lampiran 3: Pangayaan dan Remedial
PENGAYAAN |
Peserta didik dengan
kecepatan belajar dan kemampuan belajar yang baik bisa ditambahkan materi yang
lebih dalam dan luas tetang dua kalimat shahadat. |
REMEDIAL |
1.
Diberikan pada
peserta didik yang kemampuan belajar yang membutuhkan pendampingan tambahan dengan bantuan video pembelajaran yang
menarik tentang dua kalimat syahadat. 2. Peserta
didik dapat mengulang dan menjelaskan kembali apa isi video yang telah di
tontonnya tadi |
RUBRIK PENILAIAN
A.
Penilaian Sikap
Rubrik ini bisa digunakan di pertemuan pertama,
kedua dan ketiga
1. Format Penilaian Sikap
(Jurnal)
No |
Tanggal |
Nama Peserta |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
2.
Format Pengamatan Sikap melalui Penilaian Diri
PENILAIAN
DIRI
Nama ... : .......................................................................................................
Kelas ... : .......................................................................................................
Berilah tanda centang (√ ) pada
kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama
proses pembelajaran. |
|
|
2 |
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok. |
|
|
3 |
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan
gagasan dalam kelompok. |
|
|
4 |
Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan
studi literature atau pencarian informasi. |
|
|
5 |
Saya percaya
diri dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok. |
|
|
6 |
Saya teliti
dalam melakukan analisis permasalahan yang dikerjakan dalam kelompok. |
|
|
3.
Format Pengamatan Sikap melalui Penilaian Antar Teman
PENILAIAN
ANTAR TEMAN
Nama yang diamati ...... :
............................................................................
Nama pengamat ........... : ............................................................................
Berilah tanda centang (√ ) pada
kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Bersemangat dalam
menyelesaikan pekerjaan. |
|
|
2 |
Mau menerima
pendapat teman. |
|
|
3 |
Memberikan
pendapat dengan lancar. |
|
|
4 |
Memberikan solusi
terhadap permasalahan. |
|
|
5 |
Percaya diri saat
mempresentasikan hasil kerja kelompok. |
|
|
6 |
Membaca
permasalahan dengan cermat. |
|
|
4.
Format Pengamatan Sikap melalui Lembar Observasi
Lembar Observasi Aspek
Sikap
NAMA SISWA |
PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
|||||||||
Mandiri |
Berfikir Kritis |
Kreatif |
||||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
|
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
ds |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Ya :
Skor 1, jika sub indikator terlihat konsisten selama 1 hari
Tidak :
Skor 0, jika sub indikator tidak terlihat sama sekali
Petunjuk penskoran
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
Penilaian pengetahuan
terlampir dalam LKPD dan Lembar Asesmen di masing-masing pertemuan. Hasil akhir
penilaian pengetahuan bisa dimaksukkan di dalam daftar rekap nilai berikut ini:
1.
NO
|
NAMA SISWA
|
2.
ASESMEN FORMATIF
|
3.
ASESMEN SUMATIF
|
4.
RATA-RATA
|
5.
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
11.
|
12.
|
13.
|
14.
|
15.
|
16.
|
17.
|
18.
|
19.
|
20.
|
21.
|
22.
|
23.
|
24.
|
25.
|
26.
|
27.
|
28.
|
29.
|
C.
Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
|
|
|
|
Nilai Akhir =
GLOSARIUM
30.
Ceramah
|
31.
:
|
32.
Kegiatan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan
bisaanya dilakukan untuk seluruh siswa dalam satu kelas
|
33.
Cooperative Learning
|
34.
:
|
35.
Suatu
model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang mempunyai
kemampuan berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa
anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami
materi pelajaran
|
36.
Discovery Learning
|
37.
:
|
38.
Proses
pembelajaran yang terjadi ketika siswa tidak disajikan informasi secara
langsung tetapi siswa dituntut untuk mengorganisasikan pemahaman mengenai
informasi tersebut secara mandiri.
|
39.
Diskusi
|
40.
:
|
41.
Kegiatan yang bertujuan untuk bertukar ide, mengambil
keputusan dan/atau menjawab sebuah pertanyaan. Dilakukan dengan membicarakan
suatu topik secara kolaboratif
|
DAFTAR
PUSTAKA
Direktorat
Sekolah Dasar, 2022, Buku Saku Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar, Jakarta: Tim Pusat
Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP
Kementrian
Agama Republik Indonesia, 2020, Akidah Akhlak Kelas 1, Jakarta: Kementrian
Agama Republik Indonesia
Kepala
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021. Panduan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Jakarta: Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Belum ada tanggapan untuk "KURIKULUM MERDEKA"
Post a Comment